Guru dan Kualitas Pendidikan: Sebuah Tinjauan

Main Article Content

Bambang Widiatmoko

Abstract

This research aims to analyze the relationship of teacher perception about school master supervision and teacher job motivation with teacher competence of pedagogy. The unit analysis of this research is Senior Islamic High School (Madrasah Aliyah Negeri - MAN) in Bekasi City, Jawa Barat. Hypothesis testing used is regression analysis. Regression analysis method’s result show that, first: teacher perception about school master supervision and teacher competence of pedagogy has positive relationship. Second: there is positive relationship between teacher job motivation and teacher competence of pedagogy, and third: there is positive relationship between teacher perception about school master supervision and teacher job motivation with teacher competence of pedagogy in Madrasah Aliyah Negeri Bekasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Widiatmoko, B. (2018). Guru dan Kualitas Pendidikan: Sebuah Tinjauan. SIASAT, 4(1), 32-41. https://doi.org/10.33258/siasat.v4i1.42
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ary, Donald, Lucy Cheser Jacobs & Asghar Ravazieh. 1979. Introduction to Research in Education. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Asro’i. 2013. Studi tentang Kinerja Mengajar Guru: Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah, Budaya Madrasah, Motivasi Kerja, dan Komitmen Kerja terhadap Kinerja Mengajar Guru Madrasah Aliyah se- Kota Bekasi. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdikbud.
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2008. Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Sekolah.Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga

Kependidikan. 2008. Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Depdiknas
Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Fattah, Nanang. 1996. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fraenkel, Jack, Norman Wallen & Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill.
Glickman, Carl D, Stephen P. Gordon & Jovita M. Ross-Gordon. 2009. Supervision and Instructional Leadership: A Developmental Approach. Pearson.
Hasibuan, Malayu S.P. 2001. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah.
Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.. Jakarta: Raja Grafinso Persada.
Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 1995. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.
Jakarta: Bumi Aksara
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah..
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Purwanto, Ngalim. 2007. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Roestiyah N.K. 1989. Didaktik Metodik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sahertian, Piet. 1990. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional Pedoman Kinerja Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang.Guru dan Dosen.
Uno, Hamzah B. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.